Sabtu, 18 September 2010

Rahasia Mengetik Super Cepat

Semua aktifitas yang berhubungan dengan komputer tentu berhubungan dengan ketik mengetik. Apalagi aktifitas Internetan seperti blogging, chating atau fesbuk. Malukan kalo pas chatingan ngetiknya lambat. Bisa-bisa misunderstanding.

Selain aktifitas online, mengetik cepat juga dibutuhkan ketika sedang melakukan aktifitas offline. Contohnya ketika lagi ngerjain tugas kuliah pake Microsoft Word atau Open Office. Apalagi bagi anak kuliahan yang ga punya laptop dan masih ngandalin rental komputer di sekitar kampus. Bagi mereka, kecepatan mengetik berbanding biaya rental. Semakin cepat mengetik maka biaya rental semakin kecil. Biaya rental ini pun berbanding terbalik dengan ketebalan dompet. Semakin kecil biaya rental maka semakin tebal dompetnya.

Cukup deh basa basinya. Langsung aja ke pokok permasalahan. Sesuai dengan judul, “Rahasia Mengetik Super Cepat“, maka aku mo bagi-bagi tips agar kita bisa mengetik dengan cepat. Tips ini ditujukan untuk pemula maupun yang uda terbiasa mengetik tetapi kurang maksimal dalam memanfaatkan potensi jari. Ini dia tipsnya:

1. Manfaatkan seluruh jari
2. Jari yang tepat di tempat yang tepat
3. Jangan ngeliat keyboard ketika mengetik
4. Latihan terus menerus

Kumulai dengan tips yang pertama, manfaatkan seluruh jari, kecuali jari-jari kaki tentunya. Kebanyakan pemula mengetik dengan menggunakan “11 jari” yaitu telunjuk kiri dan telunjuk kanan. Ada juga “kelihatannya” menggunakan seluruh jari, padahal enggak. Jadi, untuk mengetik dengan cepat, diperlukan kerjasama dari seluruh jari-jari anda. Hehehe….

Tips yang kedua, jari yang tepat di tempat yang tepat. Tips ini berhubungan dengan yang pertama. Karena masing-masing jari mempunyai tugas masing-masing.
Bagi yang ga bisa liat gambarnya, keterangannya adalah sebagai berikut:

Tangan Kiri
Jari telunjuk = 4 R F V 5 T G B
Jari tengah = 3 E D C
Jari Manis = 2 W S X
Jari Kelingking = 1 Q A Z ` Tab “Caps Lock” “Shift Kiri” “Ctrl Kiri”

Tangan Kanan
Jari telunjuk = 6 Y H N 7 U J M
Jari tengah = 8 I K ,
Jari Manis = 9 O L .
Jari Kelingking = – [ ] ‘ / \ = Backspace Enter “Shift Kanan” “Ctrl Kanan”

Sebelum mulai mengetik, letakkan jari anda di tempat yang tepat. Posisi awal sebelum mengetik adalah:

Jari telunjuk kiri = F dan jari telunjuk kanan = J
Jari tengah kiri = D dan jari tengah kanan = K
Jari manis kiri = S dan jari manis kanan= L
Jari kelingking kiri = A dan jari kelingking kanan = ;

Ctrl-Alt-Shift
Nah, khusus untuk tombol Ctrl-Alt-Shift, ada cara-cara khusus untuk mengkombinasikannya dengan tombol lain. Misalnya kita mau menekan kombinasi Ctrl + L. Nah, kita mesti tau dulu tangan mana yang mengetikkan huruf L. Karena tangan kanan (jari manis) yang mengetikkan huruf L, maka tangan kirilah (jari kelingking) yang harus menekan tombol Ctrl. Mudah kan?

Tips ketiga, jangan ngeliat keyboard pas lagi ngetik. Mungkin agak sulit bagi pemula. Tapi yah.. ini memang tahapan yang mesti dilewati. Disiplin ga ngeliat keyboard pas ngetik akan berbuah manis nantinya. Memang pada awalnya sangat sulit dan kita akan mengetik amat sangat lambat. Tapi lama kelamaan pasti terbiasa dan mengetik pun jadi asik. Butuh kesabaran juga..

Tips terakhir, latihan terus menerus. Tanpa latihan semua percuma. Sama juga kayak programming, mesti latihan terus menerus. Bahan-bahan latihan bisa aja tugas kampus, tugas adek, tugas tetangga, tugas temen, atau koran pagi yang uda ga disentuh lagi. Kalo mo latihan sambil dapat duit, nongkrong aja di rental komputer. Tawarin jasa pengetikan ilegal (karena kalo ketauan bakal dijitak ama si empunya rental hehehe..) ama pengunjung rental.

Udah itu aja tips dariku untuk mengetik cepat… Kalo aku sendiri butuh waktu tiga hingga empat minggu untuk bisa mengetik tanpa melihat keyboard, dengan waktu latihan kira-kira 15 – 30 menit setiap harinya kecuali Sabtu (1 jam) dan Minggu (ga latihan – libur). Nah, tunggu apa lagi? Ayo latihan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar